Cara Sederhana Merawat Kamera DSLR

Kamera digital merupakan barang elektronik yang memerlukan perawatan ekstra. Mereka memiliki komponen sensitif yang mudah rusak jika kita ceroboh memegang nya.

Ada beberapa cara merawat kamera agar tidak berjamur dan tetap terpelihara karena apabila tidak di bersihkan kinerja kamera tersebut akan berkurang.


Merawat body kamera


Setelah di pakai untuk memotret, ada baik nya lepaskan lensa dari body kamera. Bersihkan bagian luar body kamera dengan kain yang lembut. Gunakan blower untuk membersihkan
bagian sudut - sudut. Tidak di sarankan untuk membersihkan sendiri bagian sensor karena sensor adalah bagian yang sangat sensitif.




Merawat lensa

Pasang selalu tutup lensa jika tidak di gunakan untuk mengurangi debu menempel. Gunakan blower terlebih dahulu jika ingin membersihkan lensa, lalu lens brush, baru lens cloth jika ada bekas jari yang menempel. Usap lensa secara perlahan dengan lens cloth kering dengan gerakan memutar dari dalam lensa menuju ke luar. Jika ingin menggunakan cairan pembersih lensa, jangan meneteskan langsung ke lensa, teteskan ke lens cloth terlebih dahulu, lalu usap pada bagian lensa.


Merawat baterai

Jangan mencharge baterai secara berlebihan, segera cabut jika sudah penuh. Lepaskan baterai dari body kamera jika sedang tidak di gunakan. Usahakan hanya memakai baterai original. Charge baterai sebelum da sesudah pemakaian dalam jangka waktu lama. Dipakai atau tidak baterai akan mengalami proses pelemahan, agar tetap awet maka baterai perlu diisi kembali.

Penyimpanan kamera

Jika dapat memiliki dana lebih dapat di pertimbangkan membeli drybox yang menggunakan alat pengatur kelembaban sebagai tempat penyimpanan kamera. Simpang di tempat kering dan jauhi dari benda - benda bermagnet.




Perawatan mutlak harus dilakukan secara rutin. Perawatan yang baik akan mempertahankan kondisi peralatan kita dan akan memberikan kondisi maksimal pada kamera DSLR kita.

1 komentar:

  1. Sederhana banget gan tipsnya, bisa langsung praktek buat ngerawat dslr ane di rumah

    BalasHapus

Blog Ping Site