Kegunaan Picture Control & Download Picture Style dan Picture Control

Picture control ( NIKON ) pada kamera DSLR merupakan fitur untuk mengatur parameter gambar yang akan di ambil dan di simpan dalam format JPG. Jadi pengaturan ini tidak akan berpengaruh apabila kita memotret memakai format file RAW.

Pada kamera DSLR kita dapat memaksimalkan hasil olahan foto sehingga bagi yang tidak mau repot mengolah di
komputer, foto hasil jepretan kita bisa langsung di tinjau atau di cetak.
Pada kamera DSLR pihak produsen kamera sudah menyediakan preset yang sudah di optimalkan untuk :


  • Standar     : hasil foto dengan ketajaman, kontras dan saturasi yang dinaikan sampai batas yang bisa diterima secara umum ( pilihan ini menjadi style default pada kamera ).
  • Netral        : pemrosesan minimal untuk hasil foto yang alami. semua kendali dibuat flat sehingga memudahkan untuk diolah lagi di komputer.
  • Vivid ( hanya di NIKON )        : meningkatkan kepekaan warna menjadi lebih kuat daripada warna asli, meningkatkan ketajaman dan kontras untuk hasil foto yang lebih berwarna di banding warna asli.
  • Monokrom     : dengan menghilangkan element warna, didapatlah foto dengan gradasi warna hitam putih untuk kebutuhan tertentu, dimana penaturan ketajaman dan kontras akan berpengaruh pada nuansa hitam putih yang ingin di tonjolkan.
  • Potret     : memberikan tekstur alami terhadap kulit subjek foto. brightness di set lebih tinggi dengan ketajaman yang cenderung kurang ( agak soft ) guna mencegah kerutan atau jerawat di wajah terlalu tampak jelas.
  • Lanscape     : dioptimalkan untuk foto pemandangan dengan ekstra ketajaman dan ekstra kontras dan ekstra peningkatan warna di daerah hijau dan biru sehingga foto pemandangan tampak lebih "hidup".

Bila ingin melihat pengaturan yang ada dalam bentuk grafik dua dimensi bisa juga mengakses menu grid, nantinya muncul grafik dengan sumbu vertikal mewakili kontras ( semakin ke atas semakin kontras ) dan sumbu horizontal mewakili saturasi ( semakin ke kanan semakin berwarna ). 
Kamera modern bahkan membolehkan kita untuk memodifikasi lagi preset yang sudah dibuat, juga menyediakan beberapa kostum style yang bisa di simpan untuk kondisi khusus. Bila mau, kita juga bisa membuat berbagai style melalui aplikasi komputer,dari Picture Control Utility kepunyaan NIKON.
Ada beberapa Picture Control dari nikon bila ada yang ingin mendownload silahkan klik link di bawah ini

Picture control for nikon dan cara instalasi nya

selamat mencoba, semoga bermanfaat

Salam jepret ..
password

1 komentar:

Blog Ping Site