Beberapa Kesalahan Sederhana Saat Memotret



Saat anda mengkomposisi foto, baik melalui jendela bidik (viewfinder) maupun layar LCD kamera, usahakan untuk selalu berpikir sebelum memencet timbol shutter. Jangan biarkan elemen-elemen sederhana dan remeh namun saat ikut terpotret bisa merusak foto secara keseluruhan. Beberapa elemen pengganggu memang bisa dihilangkan dengan photshop, namun seperti kata pepatah, menghindari jauh lebih baik. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Hindari bendar-benda yang tidak sedap dipandang

Sebelum memencet tombol shutter, pastikan beberapa contoh elemen pengganggu seperti ini tidak masuk ke frame foto nantinya.: sampah yang menumpuk dan terlihat menonjol, orang berjalan di latar belakang foto anda, bahkan sampai (ini pengalaman pribadi belfot) bekas cabe di gigi teman yang mau anda potret. Ada beberapa hal yang bisa dihilangkan saat editing dengan photoshop/lightroom, namun seringkali lebih mudah anda menghindarinya sebelum memencet shutter. Sampah dalam foto dibawah ini bisa dihindari dengan memindahkan sudut pemotretan atau malah menghilangkan sampahnya sekalian. Menghilangkan sampah dengan photoshop dari foto ini bisa dilakukan tapi butuh waktu yang lama, itupun kalau anda sudah mahir photoshop.



2. Hati-hati dengan kabel dan garis

Seperti sudah dibahas, garis adalah elemen komposisi yang kuat karena mudah menarik perhatian mata yang melihat foto. Oleh karena itu, munculnya garis liar dalam foto bisa merusak keseluruhan foto. Dua foto dibawah ini adalah contoh nyata. Foto pertama seharusnya indah tapi dua kabel besi yang melintang merusak semuanya. Dalam foto kedua, si gadis payung jadi tidak cantik karena matanya cacat sebelah tertutup tiang payung.



Cukup dengan berpikir sedikit lebih panjang, kedua contoh diatas bisa dengan mudah dihindari.


3. Garis cakrawala yang miring

Kecuali anda secara sengaja ingin membuat cakrawala miring untuk keperluan artistik, usahakan garis cakrwala terlihat lurus di foto. Garis cakrawala yang miring membuat mereka yang melihat foto merasa ada yang salah dengan fotonya.




4. Hati-hati dengan bagian tubuh

Saat memotret, awasi bagian pinggir frame foto supaya tidak ada bagian tubuh orang yang tidak anda potret ikut masuk ke frame. Begitu pula saat anda memutuskan untuk meng-crop bagian tubuh subyek foto, lakukan dengan hati-hati. Foto seperti dibawah ini akan jauh lebih keren andai fotografernya menggunakan lensa yang sedikit lebih lebar.



sumber : belfot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Ping Site